Upaya Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur di Desa Petir


Negara Republik Indonesia merupakan negara kepulauan yang begitu luas , terdiri dari ribuan pulau besar maupun kecil dan terbentang luas dihamparan lautan , memiliki daratan yang subur tempat tumbuh suburnya segala macam tumbuhan dan tanaman dan menjadi tempat hidup berbagai jenis binatang serta memiliki lautan yang sangat luas dan kaya akan sumber makanan laut. Dari dalam perut bumi yang yang ada dibawahnya terkandung berbagai macam sumber minyak bumi dan bahan tambang yang sangat banyak.

Saat ini di Indonesia, banyak desa-desa yang masih banyak membutuhkan bantuan oleh pemerintah. Itu disebabkan karna pemerintah lebih mengutamakan mengembangkan perkotaan daripada pedesaan. Desa-desa yang tertinggal letaknya sangat jauh dari perkotaan, dan mungkin sampai ada yang berada di perbatasan di Indonesia. Desa-desa yang tertinggal ini sangat lemah dalam perkembangan kebudayaan modern, dari infrastruktur, pendidikan, dan perekonomian. Oleh sebab itu, kita sebagai mahasiswa di Indonesia sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat di perdesaan untuk membantu mengembangkan desa-desa yang ada di Indonesia.

Disini, saya sebagai mahasiswa dari jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma memiliki kewajiban untuk menyalurkan ilmu yang telah saya dapatkan dari hasil saya belajar selama di universitas. Sebagai mahasiswa teknik sipil saya hanya bisa bertuju kepada pembangunan daripada kebidang lain. Desa yang menjadi perhatian saya disini adalah desa Petir yang terletak di kecamatan Dramaga, kabupaten bogor yang letaknya di provinsi jawa barat. Desa tersebut merupakan salah satu desa yang berada di kabupaten bogor yang bisa dibilang masih membutuhkan perhatian oleh pemerintah.

Kenapa saya memilih desa Petir? Jawabannya adalah karna di desa tersebut memiliki jalan yang sangat jelek dan disamping jalan tersebut ada jurang yang kedalamannya bisa sampai 8 meter. Ketika musim hujan tiba, jalanan di desa Petir sangat tidak wajar untuk dilewati, dan mungkin bisa dibilang sangat berbahaya untuk dilewati. Terlebih lagi disamping jalan tersebut tidak diberi terasering, akan lebih berbahaya lagi untuk keselamatan masyarakat sekitar desa Petir.

ilustrasi jalan di desa petir

Rencana saya dengan teman-teman mahasiswa yang lainnya ingin sekali memperbaiki infrastruktur dari desa Petir tersebut terutama di bidang jalanan. Kita ingin mengaspal jalan dan membuat terasering yang terbuat dari batu kali sehingga lebih aman untuk dilewati. Untuk masalah dana yang terpikirkan oleh saya adalah dengan mengajukan proposal kepada pemerintah di kabupaten bogor, mengumpulkan dana dari masyarakat sekitar, jikapun masih kurang kita akan meminta sumbangan kepada donator yang merelakan dana lebihnya untuk pembangunan desa Petir yang berada di kabupaten bogor.


Jika dana sudah terkumpul maka kita akan memulai proyek tersebut, yang paling utama kami perbaiki adalah jalan, karna jalanan merupakan bagian utama dari lalu lintas sebuah desa. Yang kedua adalah membuat terasering, itu bertujuan agar tidak terjadi longsor di sekitar daerah tersebut.

Ketika proyek tersebut sudah terlaksana, akan bahagianya kita sebagai mahasiswa yang dapat membantu pembangunan di Indonesia. Dari pembangunan di desa Petir, saya memikirkan keselamatan untuk masyarakat sekitar, karna di Teknik Sipil ada jargon yang mungkin sangat terkenal yaitu SAFETY FIRST yang memiliki arti utamakan keselamatan.

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Upaya Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur di Desa Petir"

Post a Comment