Macam - macam Gaya Kepemimpinan


Kepemimpinan  (leadership) adalah kemampuan seseorang (yaitu pemimpin) untuk mempengaruhi orang lain (yaitu yang dipimpin atau pengikut-pengikutnya). Kepemimpinan juga merupakan suatu kompleks dari hak-hak dan kewajiban yang dapat dimiliki oleh seorang atau suatu badan. Sebagai suatu proses sosial, kepemimpinan meliputi segala tindakan yang dilakukan seseorang atau sesuatu badan yang menyebabkan gerak dari warga masyarakat.

Memahami 4 gaya kepemimpinan

Anda mungkin terkejut saat mengetahui para pemimpin terbaik melihat-lihat di antara empat gaya kepemimpinan yang berbeda, tergantung pada siapa mereka memimpin dan apa tugas yang sedang dihadapi.

Kepemimpinan dan manajemen adalah keterampilan lancar yang selalu Anda butuhkan untuk beradaptasi berdasarkan situasi dan orang di depan Anda.

Beruntung bagi kami, ada kerangka kerja kepemimpinan yang sederhana (tapi kuat) yang dapat kami ikuti untuk memahami kapan kami perlu mengubah gaya kepemimpinan kami:

Seperti yang dapat Anda lihat oleh sumbu x dan y pada tabel, gaya kepemimpinan Anda harus berubah tergantung pada seberapa langsung dan seberapa mendukung Anda ingin (atau perlu) menjadi.
    Jika Anda ingin memberikan banyak arahan dengan sedikit dukungan, jelaskan
    Jika Anda ingin memberikan banyak arahan dengan banyak dukungan, jual
    Jika Anda ingin memberikan banyak dukungan dengan sedikit arah, berkolaborasi
    Jika Anda ingin memberikan sedikit arahan dan sedikit dukungan, delegasikan

Mari kita periksa setiap gaya kepemimpinan dengan sebuah contoh sehingga Anda bisa memahaminya secara lebih rinci.


Gaya kepemimpinan # 1 – Beritahu
Gaya kepemimpinan pertama adalah apa yang kita sebut "katakan". Di sinilah Anda memberikan banyak arahan dengan sedikit atau tanpa dukungan. Intinya teknik ini lebih merupakan teknik manajemen daripada gaya kepemimpinan, karena sama sekali tidak ada kepemimpinan sejati.
 Dengan gaya "kirim", Anda hanya memberi tahu anggota tim Anda:

Apa yang harus dilakukan
Bagaimana cara melakukannya    
Bila perlu dilakukan

Tidak terlalu menginspirasi kepemimpinan. Jadi kapan gaya kepemimpinan ini bisa berguna? Nah contoh pertama yang terlintas dalam pikiran adalah jika Anda bekerja dengan freelancer atau kontraktor.

Anda mungkin memiliki hasil yang sangat spesifik dalam pikiran dan tahu persis apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya, tapi Anda tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan itu sendiri, jadi Anda mengalihkannya. Atau Anda mungkin perlu melakukan sesuatu dengan segera, jadi Anda berpacu ke asisten Anda dan memberi tahu dia apa yang harus dilakukan.
Seperti yang dapat Anda bayangkan, menggunakan gaya "kirim" tidak akan banyak membantu membangun budaya abadi dan tentu saja hal itu tidak berskala di luar tim kecil.

Terbaik digunakan saat tim Anda terdiri dari: kontributor individual seperti kontraktor atau pekerja lepas.


Gaya kepemimpinan # 2 – Jual
Berikutnya adalah gaya "jual", di mana Anda memberikan banyak arahan, tapi juga banyak dukungan. Gaya kepemimpinan ini paling baik digunakan saat keputusan akhir berada di luar kendali orang-orang di tim Anda, namun Anda ingin mereka merasa diberdayakan dan gembira dengan keputusan tersebut.

Dengan menjual tim Anda pada sebuah keputusan, Anda bisa mendapatkan pembelian dan pertunangan mereka. Contoh tipikal untuk menggunakan gaya kepemimpinan "jual" adalah saat Anda perlu mengumpulkan tim insinyur di sekitar arah yang ingin Anda pakai untuk produk Anda. Andalah yang membuat keputusan, tapi Anda benar-benar membutuhkannya untuk menyetujui arahan dan bahkan merasa senang dengan produk mana yang akan berakhir.

Satu hal penting yang harus diingat saat menggunakan gaya kepemimpinan "jual" adalah selalu menyebutkan mengapa Anda membuat keputusan tertentu. Berikan semua orang di tim Anda dengan informasi yang cukup untuk memahami gambaran yang lebih besar dan jelaskan mengapa keputusan Anda sesuai dengan minat setiap orang, bukan hanya kepentingan Anda sendiri.

Terbaik digunakan ketika tim Anda terdiri dari: kontributor individu yang merupakan karyawan penuh waktu.


Gaya kepemimpinan # 3 – Berkolaborasi
Gaya kepemimpinan "kirim" dan "laku" biasanya paling tepat digunakan saat Anda mengelola tim kontributor individual secara langsung.

Jadi, gaya kepemimpinan mana yang harus Anda gunakan saat mengelola timmanman seperti direktur atau wakil presiden? Sebagian besar waktu Anda ingin menggunakan gaya kepemimpinan "berkolaborasi" atau "mendelegasikan".

Gaya kepemimpinan "berkolaborasi" sangat tinggi dalam dukungan namun rendah arahnya. Biasanya Anda akan meminta saran, gagasan dan solusi untuk memecahkan masalah namun pada akhirnya Anda akan memiliki keputusan akhir mengenai pendekatan mana yang akan diambil.

Hal yang ingin Anda hati-hati saat menggunakan gaya kepemimpinan "berkolaborasi" adalah memastikan setiap orang tahu di muka siapa yang bertanggung jawab atas keputusan akhir (Anda). Mereka perlu tahu bahwa Anda menginginkan masukan mereka dan itu akan dipertimbangkan dan digunakan secara hati-hati sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan.

Kapan mungkin Anda menggunakan gaya kepemimpinan "berkolaborasi"? Contoh yang bagus adalah ketika salah satu anggota tim Anda mempekerjakan seseorang di tim mereka. Mereka menjalankan semua wawancara dan daftar kandidat terbaik, namun Anda memiliki kata terakhir di mana kandidat benar-benar dipekerjakan.

Terbaik digunakan saat tim Anda terdiri dari: gabungan antara pemimpin senior dan manajer menengah.


Gaya kepemimpinan # 4 – Delegasi
Inilah bentuk utama kepemimpinan dan melibatkan Anda memberikan arahan yang sangat sedikit dan sangat sedikit dukungan dalam hal pengambilan keputusan. Anda hanya boleh menggunakan gaya kepemimpinan "delegasi" jika Anda benar-benar merasa nyaman dengan orang yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan akhir.

CEO terbaik biasanya menggunakan gaya kepemimpinan yang sangat mendelegasikan. Mereka harus, jika tidak mereka akan berakhir bekerja 100 jam setiap minggu. Mereka sangat bergantung pada tim mereka dan hanya sedikit mengerjakan pekerjaan mereka sendiri. Mereka mempercayai tim mereka dan mengharapkan mereka membuat keputusan yang tepat hampir sepanjang waktu.

Tentu mendelegasikan keputusan penting tidak selalu berjalan dengan baik. Dalam situasi di mana CEO menemukan timnya membuat keputusan yang buruk, pada akhirnya dia akan beralih dari gaya kepemimpinan delegatif ke gaya kepemimpinan yang lebih kolaboratif. Jika itu tidak berhasil, dia biasanya akan menggantikan orang di timnya yang terus membuat keputusan buruk.

Terbaik digunakan ketika tim Anda terdiri dari: pemimpin senior seperti direktur dan wakil presiden.

Sumber : 
https://medium.com/swlh/why-your-team-calls-you-a-micro-manager-behind-your-back-bae4b0a9e0be

BACA JUGA LAINNYA:

0 Response to "Macam - macam Gaya Kepemimpinan"

Post a Comment